Inilah Bahaya Mengerikan Skip challenge bagi Kesehatan

Inilah Bahaya Mengerikan Skip challenge bagi Kesehatan

Bahaya Skip challenge - Dunia maya bisa menjadi salah satu tempat untuk mempopulerkan sesuatu, termasuk challenge atau tantangan-tantangan unik. Namun tak sedikit tantangan-tantangan yang ada dan menjadi viral serta diikuti oleh banyak orang tersebut sangat berbahaya, salah satunya adalah skip challenge yang kini tengah digila-gilai oleh remaja di Indonesia.

Skip challenge adalah tantangan yang dilakukan dengan menekan dada sehingga dapat menghambat pernapasan. Gara-gara hal tersebut biasanya orang yang melakukan skip challenge akan kehabisan napas, lalu kejang-kejang, dan bisa pingsan seketika. Dilansir dari Fox59, dokter anak, Dr Michael McKenna menjelaskan bahwa saat dada ditekan sangat kencang maka denyut jantung akan berhenti beberapa detik.

Skip challenge

Bahaya Mengerikan Skip challenge bagi Kesehatan


Dr dr Rizaldy Pinzon, MKes, SpS dari RS Bethesda Yogyakarta menjelaskan dinding dada yang harusnya mengembang dan mengempis, saat ditekan dengan sangat keras dapat menyebabkan kondisi yang disebut asfiksia traumatik. "Asfiksia merupakan istilah untuk kekurangan pasokan darah dan oksigen," kata dr Pinzon kepada detikHealth.

dr Pinzon menuturkan aliran darah otak normal adalah 50cc/ 100 gram jaringan otak per menit. Apabila turun sampai kurang dari 30 cc/ 100 gram jaringan otak per menit maka akan menyebabkan gangguan fungsi otak.
"Termasuk global brain iskemia yang menyebabkan hilangnya kesadaran dan kejang. Tekanan yang sedemikian berat di dinding dada menghalangi pertukaran gas normal dan menyebabkan asfiksia," sambungnya.

Nah, bila aliran darah secara global turun akan menyebabkan hilangnya kesadaran. Permainan ini menjadi berbahaya karena kekurangan pasokan oksigen ke otak yang terjadi berulang kali akan dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Medical director Gramercy Heart and Vascular Centre Mount Elisabeth Novena Singapura, dr Nikolas Wanahita juga sepakat permainan ini sangat berbahaya. dr Niko, demikian dia biasa disapa, lebih concern pada yang terjadi saat jatuh pingsan.

"Kalau jatuh pingsan Kena kepala Kan bisa gegar otak, dan sebagainya," ucap dr Niko saat berbincang degan detikHealth.

Efek yang dialami anak-anak yang bermain skip challenge, kata dr Niko, namanya vasovagal syncope. Ini terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap pemicu pingsan. Setelah terpicu, akan terjadi penurunan kesadaran secara mendadak dalam denyut jantung dan tekanan darah yang akan mengurangi aliran darah ke otak.

"Tekanan darah dan detak Jantung bisa drop sekali, maka itu jadi pingsan. Kalau ada underlying masalah jantung bisa menyebabkan fatalitas," imbuh dr Niko.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pun sudah melarang para siswa melakukan tantangan semacal itu. Sebaliknya, sebaiknya melakukan aktivitas yang positif dalam mengekspresikan diri.


Terimakasih atas kunjungan sobat karena telah bersedia membaca artikel Inilah Bahaya Mengerikan Skip challenge bagi Kesehatan dengan url http://cara-mumun.blogspot.com/2017/03/inilah-bahaya-mengerikan-skip-challenge.html. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Jika ada link yang rusak atau terkendala download file silakan lapor admin melalui komentar dibawah. Terima Kasih, :)


Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top